Sabtu, 04 Desember 2010

KATA PENGANTAR


Kata Pengantar



          Alhamdulillah, saya panjatkan syukur ke hadirat Allah ‘Azza wa Jalla, Tuhan yang Maha Esa, pencipta seluruh manusia dan mahluk di alam semesta ini. Saya memuji, ruku’, serta sujud kepada Allah, dzat yang Maha Besar, Maha Mulia, Maha Suci, Maha Agung dan Maha Cepat Perhitungannya. Ya Allah, limpahkanlah curahan shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad saw., hamba dan utusan-Mu yang mulia, nabi pembawa cahaya, penyampai wahyu dan amanah-Mu yang sangat jujur terpercaya, serta penutup para nabi. Saya haturkan pula salam sejahtera kepada keluarga Nabi, sahabat-sahabatnya, serta para pengikutnya hingga akhir zaman nanti.

          Adalah kewajiban bagi para ahli waris, selain mengurus, memandikan, memberi kain kafan, menshalatkan, serta menguburkan jenazah pewaris, juga harus bertanggung jawab dalam menunaikan segala wasiat, pembayaran hutang serta pembagian warisan secara adil diantara mereka. Allah swt. telah menetapkan tata cara pembagian warisan ini di dalam Al-Qur’an secara detail, agar tidak ada ahli waris yang terzhalimi dalam menerima hak warisannya, dan agar semua ahli waris dapat menerima secara ikhlas ketetapan pembagian tersebut, karena yang menetapkan adalah Allah yang Maha Mengetahui dan Maha Adil.

          Maka pada kesempatan umur yang masih Allah berikan ini, saya mencoba untuk menghadirkan kepada rekan-rekan semua FaraidWeb 1.0, yang berisi kumpulan teori tentang ilmu faraid, yaitu ilmu yang mengatur tata cara pembagian harta warisan berdasarkan syariat Islam. Selain teori ilmu faraid dan tata cara perhitungannya, di dalam software ini disertakan pula contoh-contoh soal serta jawabannya yang dijelaskan tata cara perhitungannya (jalan-jalannya), sehingga bagi pembaca yang awam mudah-mudahan akan lebih mudah dalam memahaminya.

         Hendaknya masing-masing kita berupaya dan bersungguh-sungguh dalam mempelajari ilmu faraid ini, kendatipun awalnya mungkin terasa sulit. Sesungguhnya Allah telah berjanji sebanyak dua kali di dalam surat yang sama, bahwa sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (Q.S. Alam Nasyrah – 5,6).

         Semoga software ini dapat menjadi salah satu referensi bagi para pembaca dalam mempelajari ilmu faraid. Saya berdo’a kepada Allah, semoga software ini akan menjadi amal saleh bagi penyusunnya yang dapat diharapkan untuk menjadi bekal yang kekal di dunia dan di akhirat nanti, dan semoga software ini akan memberikan manfaat yang sebanyak-banyaknya kepada kaum muslimin dan muslimah dimanapun berada. Cukuplah Allah sebagai tujuan kita, dan Dia akan membalas amal-amal hamba-Nya yang ikhlas, dengan keridhaan-Nya, ampunan-Nya serta surga-Nya yang seluas langit dan bumi.

Penyusun,

Sofyan Efendi

0 komentar:

Poskan Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template